Thursday 28 February 2013

Sejarah Penemuan Virus Komputer

Sebagai pengguna komputer, kita tentu pernah mendengar istilah virus komputer. Bahkan kadang kita dibuat jengkel dengan adanya gangguan pada komputer yang kita gunakan akibat kehadiran suatu virus.

 Sejarah perkembangan virus komputer juga diwarnai munculnya sejumlah virus yang semakin canggih dengan dampak yang sangat merugikan bagi pengguna komputer.
Mungkin banyak diantara kita yang masih awam dengan komputer yang menganggap virus layaknya virus penyebab penyakit yang muncul secara alami. Anggapan virus yang muncul sebagai akibat kurang sempurnanya sebuah program komputer semacam ini mungkin kurang tepat untuk menggambarkan bentuk riil yang sebenarnya.
Mungkin akan lebih tepat dan lebih mudah dipahami pengertian virus seperti layaknya program komputer lainnya. Virus adalah program yang sengaja dibuat dengan bahasa pemrograman yang rumit dan didesain untuk masuk atau merusak suatu sistem komputer.
Perkembangan
Virus komputer pertama kali muncul sekitar tahun 1970, ketika Unix 1108 diganggu dan digerogoti oleh sesuatu yang kemudian diketahui merupakan virus Pervading Animal. Tak lama kemudian sebuah sistem operasi Tennex juga diketahui diserang sebuah virus yang bernama The Creeper. Pada tahun 1986 juga muncul sebuah virus yang diketahui bernama virus Brain yang menyerang MS Dos.
Sejarah perkembangan virus komputer makin merajalela mulai tahun 1990. Kemunculan virus saat itu bahkan bak jamur yang tumbuh di musim hujan. Menurut catatan Wikipedia, sejak ditemukan pertama kali tahun 1970 hingga tahun 1990, tak kurang telah dikenali sekitar 500 virus.
Namun pada tahun 1992, jumlah virus berkembang makin pesat dan telah meningkat menjadi 2.300 virus, dan naik lagi menjadi sekitar 7.500 virus pada tahun 1994. Hingga tahun 2000, jumlah virus yang berhasil dikenali dan diidentifikasi mencapai tak kurang dari 50.000 virus.
Istilah Virus
Namun karena virus bersifat negatif dan merugikan, tak ada informasi tentang tokoh pembuat atau yang menyebarkan virus. Keberadaan suatu virus pun baru diketahui setelah sebuah sistem operasi komputer mengalami gangguan atau karena adanya data yang hilang. Serangan yang dilakukan virus pun berkembang. Dari awalnya yang sekedar menyerang file exe, menghapus dokumen, merusak sistem operasi, hingga menyebar melalui internet.
Istilah virus yang digunakan untuk menunjuk suatu penyebab gangguan pada sistem atau jaringan komputer sebenarnya baru muncul sekitar tahun 1983. Pada saat itu, Fred Cohen melakukan penelusuran tentang gangguan pada computer, mendokumentasikan, serta merinci secara teoritis maupun aplikatif tentang bentuk gangguan yang terjadi. Dari identifikasi inilah kemudian mulai berkembang upaya untuk membuat anti virusnya, maupun membuat virus baru.
Memperhatikan sejarah perkembangan virus komputer rasanya seperti mengamati sebuah peperangan antara penyakit dengan obatnya. Tanpa diketahui gejala atau awalnya, tiba-tiba saja muncul sebuah virus yang menyerang komputer. Namun tak lama kemudian juga muncul penawarnya berupa program antivirus yang harus dibeli oleh para pengguna komputer bila ingin terbebas dari virus. Mungkin inilah konsekuensi sebuah industri modern. (

http://www.anneahira.com/sejarah-perkembangan-virus-komputer.htm)

No comments:

Post a Comment